Diskominfo Langsa Gelar Pelatihan Aplikasi PPID
Kota Langsa | Jumat, 15 Februari 2019
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Langsa, menggelar pelatihan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang komunikasi dan informasi dan peneraparan aplikasi pejabat pengelola informasi dokumentasi (PPID) serta sosialisasi penguatan PPID dilingkungan Pemko Langsa, Kamis (5/4/2018), di Aula Cakdon Langsa.
Dalam sambutannya, Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE yang dibacakan, Sekdakot Langsa, Syahrul Thaib, saat membuka acara tersebut, mengatakan, secara umum kita sangat mendukung pelaksanaan pelatihan ini, agar para pejabat ataupun pengelola informasi mammpu bekerja secara cerdas dalam mengelola organisasi, informasi dan data dengan kemampuan mengantisipasi kondisi perubahan informasi yang begitu cepat, serta bisa memotivasi peningkatan kinerja sehari-hari yang berorientasi pada suksesnya penyelenggaraan otonomi daerah.
Dikatakan, untuk memenuhi kebutuhan informasi yang berkualitas diperlukan keseriusan dalam penyusunan dan pengelolaannya agar diperoleh informasi yang akurat, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.
Karenanya, sumber daya aparatur memiliki kinerja yang profesional perlu didukung dengan motivasi yang tinggi ditengah perubahan lingkungan politik, ekonomi, sosial, teknologi dan informasi yang begitu pesat.
Para peserta sedang mengikuti pelatihan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang komunikasi dan informasi dan peneraparan aplikasi pejabat pengelola informasi dokumentasi (PPID) serta sosialisasi penguatan PPID dilingkungan Pemko Langsa, di Aula Cakdon Langsa
Diharapkan, kepada peserta agar dapat mengikuti dengan serius dan tekun agar mampu serta memiliki sumber daya dalam megoperasikan aplikasi PPID dalam memberikan informasi kepada masyarakat.
Sebelumnya, Sekretaris Diskominfo, Mazidah,SE.MM, menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini diikuti 106 orang yang terdiri dari PPID pembantu masing-masing OPD dalam wilayah Pemko Langsa
“Melalui pelatihan SDM ini diharapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pembantu dapat memiliki kemampuan dalam mengumpulkan, mengolah dan menyusun segala informasi sesuai dengan tugas dan fungsi dari OPD masing-masing. Serta penguasaan aplikasi PPID dengan baik, sehingga apa yang menjadi kendala selama ini dapat kita selesaikan,”harapnya.
Dikatakan, dalam pelaksanaanya PPID diwajibkan untuk mengklasifikasikan dan mengelompokkan informasi-informasi tersebut. Pejabat PPID diwajibkan untuk menyimpan, mengolah dan menyajikan informasi, baik itu informasi yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang diumumkan secara serta merta maupun informasi yang wajib tersedia setiap saat.