Berita

DISKOMINFO LANGSA ADAKAN RAPAT KOORDINASI PENGUATAN PPID

March 09, 2019


Rapat Koordinasi Penguatan PPID bertempat di aula

Langsa - Di masa keterbukaan informasi seperti sekarang ini, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) memegang peranan penting dan juga sebagai pintu gerbang dalam hal keterbukaan informasi. Sesuai dengan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi, maka SKPK di wilayah pemerintahan Kota Langsa dirasa perlu untuk memahami dan melaksanakan keterbukaan informasi ini. Oleh sebab itu, Diskominfo Langsa selaku PPID Utama di Kota Langsa merasa perlu menggalakkan dan melaksanakan rapat koordinasi terkait penguatan PPID di Kota Langsa bersama seluruh PPID Pembantu di lingkungan Pemerintah Kota Langsa bertempat di aula Walikota Langsa, Rabu (6/3/2019).

Sekretaris Daerah Kota Langsa, H. Syahrul Thaib, SH, M.AP, yang juga merupakan atasan PPID Kota Langsa turut hadir dan memimpin langsung rapat koordinasi ini. Dalam arahannya, dia mengatakan bahwa seluruh SKPK sebagai sebuah badan publik harus dapat bersikap arif terhadap keterbukaan informasi ini dikarenakan masyarakat berhak mengetahui terkait informasi yang ada di dalam sistem pemerintahan.

Sekretaris Daerah Kota Langsa, H. Syahrul Thaib, SH, M.AP, saat memberikan arahan di rapat koordinasi penguatan PPID Kota Langsa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Langsa, Yanis Prianto, SE, M.Si, turut memberikan arahan terkait penguatan PPID di Kota Langsa. Dia mengatakan bahwa PPID di Kota Langsa, baik di PPID Utama maupun PPID Pembantu, sudah saatnya harus kompak dalam hal keterbukaan informasi ini. Setiap ada permintaan informasi yang masuk hendaknya cepat direspon, PPID harus bersikap responsif terhadap permintaan masyarakat.

Selanjutnya, rapat koordinasi penguatan PPID ini mendengarkan penjelasan dari Kepala Bidang Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik, Data dan Statistk Diskominfo Langsa, Reza Fahlevi, AP, MSP. Salah satu yang disampaikan adalah terkait tentang bagaimana cara menanggapi permintaan informasi yang masuk, tujuan PPID, dan juga tentang informasi yang dikecualikan.

Perwakilan dari seluruh SKPK yang juga sebagai PPID Pembantu menyimak pemaparan dari Kabid Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik, Data dan Statistik Diskominfo Langsa, Reza Fahlevi, AP, M.SP

Rapat koordinasi ini juga mendengar masukan dan pertanyaan dari perwakilan SKPK yang hadir. Diharapkan rapat koordinasi seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin demi terwujudnya PPID Kota Langsa yang semakin kuat dan solid.

Berita Lain


Data Informasi Publik

Links